mediabeteshelp – Tak bisa dipungkiri, rencana pemerintah untuk vaksinasi Covid-19 menuai pro dan kontra di masyarakat Indonesia. Masih ada masyarakat Indonesia yang ragu atau bahkan menolak untuk mendapatkan vaksin dengan berbagai alasan, salah satunya informasi yang mereka peroleh tidak lengkap.

Bantu Sukseskan Program Pemerintah Soal Vaksinasi Covid-19 , Alodokter Galakkan Edukasi Vaksinasi Secara Digital

Inilah pentingnya media informasi yang lengkap, akurat, dan mudah digunakan. Oleh karena itu, platform kesehatan Alodokter bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia meluncurkan manual elektronik atau panduan digital vaksin Covid-19 yang dapat diunduh secara gratis melalui tautan yang dikeluarkan oleh Alodokter.

Inisiatif edukasi ini diharapkan dapat menghilangkan keraguan dan mengubah persepsi dan sikap masyarakat, sehingga membantu mempercepat program vaksinasi pemerintah. Rencana vaksinasi pemerintah sendiri bertujuan untuk memvaksinasi lebih dari 180 juta orang Indonesia pada kuartal pertama tahun 2022.

Suci Arumsari (CEO dan salah satu pendiri Alodokter) berharap dapat menyediakan download gratis manual vaksin digital yang dapat membantu masyarakat yang masih memiliki pertanyaan dan belum mengetahui tentang vaksin Covid-19.

Suqi menuturkan, persiapan pembuatan panduan vaksin ini memakan waktu lama, dan semua pihak sudah mendapat banyak arahan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

“E-booklet ini juga telah dirancang khusus agar mudah dipahami oleh berbagai kelompok masyarakat. Kami berharap masyarakat dapat mengunduh dan mendistribusikan sebanyak-banyaknya kepada keluarga dan kerabatnya, sehingga tidak ada lagi yang takut akan vaksin.” Kata Suci.

Secara garis besar Panduan Digital Vaksin Covid-19 menjelaskan situasi vaksin secara keseluruhan, perbedaan imunisasi, tahap produksi vaksin Covid-19, tahap pengujian vaksin, gambaran umum vaksin di Indonesia, rencana vaksinasi Model pemerintah Indonesia (distribusi) dan standar penerima, dan hal-hal terkait lainnya.