90 Persen Sekolah Siap Belajar Tatap Muka

90 Persen Sekolah Siap Belajar Tatap Muka

Dinas Pendidikan Sumut menyebut, sekitar 90 % sekolah udah siap jalankan studi tatap wajah terhadap 2021.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Sumut), Lasro Marbun, dilansir dari Digtara.com–jaringan Suara.com, Jumat (1/1/2021).

“Dari laporan surat menyurat, di atas 90 % sekolah di bawah naungan Disdik Sumut siap studi tatap muka. Sedangkan lainnya tetap sistem mempersiapkan,” katanya.

Namun demikian, kata Larso, itu tetap dari dimensi bidang pendidikan. Ia beranggap tetap mesti mendengarkan pandangan dari pihak lain, layaknya ahli psikologi anak, dinas kesehatan Sumut serta Satgas Penanganan Covid-19 Sumut.

“Awal th. kami memiliki rencana dapat jalankan tinjauan segera bersama tim satgas Covid-19, Dinas Kesehatan Sumut dan lintas profesi layaknya ahli psikologi anak, ahli epidemiologi dan lainnya,” ujarnya.

Larso mengatakan, sistem persiapan studi tatap wajah di sekolah hingga saat ini tetap berjalan positif. Sebelumnya, Rabu (30/12/2020), Disdik Medan udah jalankan rapat koordinasi di posko penanganan Covid-19 Sumut bersama lebih dari satu pihak terkait.

“Kesimpulannya, tetap mesti kesabaran untuk jalankan studi tatap muka. Kalau soal kapan, itu menjadi kewenangan gubernur bersama menyimak ketentuan pemerintahan pusat,” ungkapnya.

Lasro mengatakan, studi tatap wajah mesti juga perhitungkan kondisi penyebaran Covid-19 di Sumut. Mulai dari tiap-tiap kabupaten/kota hingga kesiapan layanan dan prasarana tiap sekolah.

Dia berharap, semua sekolah selamanya jalankan optimalisasi persiapan studi tatap muka. Orang tua peserta didik juga diminta untuk bersabar dan selamanya tidak terasa bosan untuk mendampingi anaknya belajar.

“Kita juga jangan lupa berdoa sehingga pandemi ini usai. Semoga vaksin segera terwujud untuk kurangi penyebaran Covid-19,” pungkasnya.